BREAKING NEWS

Friday, February 27, 2015

TIPS DAN CARA MENGERJAKAN SKRIPSI: MANFAATKAN GOOGLE

Ikubaru's Blogzia-Skripsi, ya skripsi tugas akhir yang 'kadang' menjengkelkan bagi mahasiswa. Skripsi bisa dibilang momok bagi mahasiswa yang ingin lulus dari jenjang strata 1 (S1). Terkadang mahasiswa malas untuk mengerjakannya, apalagi ketika proposal skripsi sudah di coret-coret oleh dosen PA (Pembimbing Akademik), bisa down rasanya. Terus Bagaimana cara dan tips mengerjakan Skripsi?


Bagi kita mahasiswa tingkat akhir, skripsi mau ga mau pasti harus dikerjakan, entah cepat atau lambat pasti bertemu. Semakin kita mau cepat lulus, maka skripsi akan semakin cepat menghampiri kita. ya ga sob!! Sekarang apa sih yang membuat kita males rasanya membuat skripsi? Masih bingung dengan materi, judul penelitian, atau masih betah di kampus haha. Semua yang membuat kita menjadi MA (Mahasiswa Abadi), sobat mau? Admin sih ga hehe

Sebenarnya banyak tips atau cara yang bisa kita lakukan ketika mengerjakan skripsi, salah satunya dengan memanfaatkan Mbah Google! Kali ini Ikubaru's Blogzia ingin membahas tips dan cara mengerjakan skripsi dari segi materi dan konten skripsi itu sendiri. Simak terus ya sob!!

MANFAATKAN GOOGLE BOOK

Awalnya sih ga ada yang menduga Google Book bisa dimanfaatkan untuk menjadi referensi skripsi. Bagi kita yang bokek ga punya duit buat beli buku referensi, ga ada salahnya manfaatkan fasilitas google yang satu ini. Di Google Book kita akan menemui kumpulan buku referensi yang sering dijadikan rujukkan skripsi. Tapi ada kekurangannya nih, di Google Book beberapa halaman tidak ditampilkan dengan alasan hak cipta. Tapi jangan khawatir sob, beberapa halaman bisa kita jadikan referensi kok dalam skripsi kita.

Jika referensi di Google Book tidak lengkap, sobat bisa searching buku luar kok. Banyak buku dari luar negeri yang dijadikan referensi dalam skripsi. Cuma jika ingin mengambil referensi dari luar negeri kita harus translate dulu bahasanya.

Jika sobat tertarik, sobat bisa kunjungi situsnya di  GOOGLE BOOKS


CARI REFERENSI SKRIPSI DARI REPOSITORY KAMPUS LAIN

Hal ini ga kalah penting juga, kita harus mencari bahan rujukkan dari penelitian yang sejenis dari beberapa kampus lain. Dalam mencari referensi memang kita sering meminjam skripsi dari perpustakaan kampus  untuk sekedar mencari petunjuk penyusunan, sering juga untuk mencari referensi yang cocok dengan judul kita. Tapi ketika referensi skripsi yang kita pinjam dari perpustakaan tidak cukup untuk bahan referensi kita, lalu kita harus ngapain? Ya.. Sobat bisa memanfaatkan Repository skripsi dari kampus lain.

Sekarang sudah banyak perguruan tinggi baik PTN maupun PTS yang menyediakan Repository online untuk skripsi yang pernah dibaut oleh mahasiswanya. Seperti halnya di Repository UNHAS dan UNDIP yang banyak menampilkan skripsi dan jurnal yang pernah dibuat oleh mahasiswanya. Semua lengkap untuk berbagai jurusan dan peminatan. Cocok bagi kita yang sedang mencari bahan rujukkan untuk skripsi.

Tapi perlu diingat tidak semua skripsi yang ditampilkan bersifat utuh. Ada beberapa skripsi di Repository yang hanya menampilkan beberapa bab saja. Tapi ini juga bisa manafaatkan untuk melengkapi penelitian kita terlebih dalam sub-bab Penelitian Terdahulu yang ada di Bab II. 

Satu lagi yang harus diingat nih sob, Repository ini bukan ajang untuk Copy Paste Skripsi, karena Repository ini hanya sekedar referensi aja. Jika kalian coba copy paste maka sulit bagi kalian untuk mengerti apa yang dibahas dalam skripsi tersebut dan terlindung hak cipta oleh kempus yang menerbitkannya.


MANFAATKAN GOOGLE CENDEKIA (GOOGLE SCHOLAR)

Satu lagi yang ga kalah penting fitur Google dalam melengkapi referensi skripsi kita, yakni Google Cendekia. Didalam Google Cendekia ini banyak penelitian-penelitian yang telah diterbitkan, seperti jurnal atau penelitian lainnya. Bagi sobat yang membutuhkan bahan rujukkan terutama untuk Fakultas Teknik, sobat bisa menggunakan fitur layanan Google ini.
Bagi sobat yang tertarik menggunakan Google Cendekia, sobat bisa langsung kunjungi situsnya di GOOGLE CENDEKIA


MANFAATKAN GOOLE UNTUK MENGAMBIL DATA YANG MENDUKUNG SKRIPSI

Bagi kalian yang sedang butuh data yang mendukung penelitian, Google bisa membantu kalian dalam mencari data apa saja yang menjadi alat dan objek analisis di skripsi kalian. Contohnya seperti ini bagi kalian anak Manajemen yang mengambil konsentrasi Keuangan atau kalian anak Akuntansi, tidak ada salahnya mencari Laporan Keuangan di internet. Pada saat ini sudah banyak Laporan Kueangan yang diterbitkan secara online, kalin jadi bisa mendownload dan menganalisisnya. Tapi untuk lebih mendukung ada baiknya sobat turun langsung ke perusahaan tersebut untuk lebih lengkap mengenai penelitian skripsi sobat.


MANFAATKAN GOOGLE DOCS UNTUK RISET


Admin baru ingat ada satu fitur lagi dari Google untuk mendukung penelitian skripsi kita, yakni Google Docs. Google Docs banyak dimanfaatkan dalam pembuatan Kuesioner bagi penelitian skripsi, terutama bagi mahasiswa dari kelompok keilmuan sosial seperti FE, FISIP (Komunikasi, Sosiologi, dsb), dan beberapa Fakultas lainnya. 

Adanya Google Docs dapat membuat kita lebih mudah dalam menyebarkan kuesioner ketika ingin melakukan penelitian secara online. Sobat bisa langsung kunjungi situsnya di GOOGLE DOCS


Gimana sob banyak fasilitas Google yang bisa kita manfaaatkan untuk penelitian kita, jadi apa alasan kita menunda-nunda membuat skripsi. Rugi loh kita menunda-nunda terus, kapan lulusnya. Kan enak kalo sudah lulus punya gelar dan bisa bekerja di tempat yang menantang dan punya penghasilan tinggi. Atau jadi Boss di perusahaan sendiri, kerne kan


AYOO SEMANGAT SOB DALAM MENYUSUN SKRIPSI!!

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes