BREAKING NEWS

Thursday, October 23, 2014

KULIAH KELAS REGULER ATAU EKSEKUTIF? MANAKAH YANG LEBIH BAIK?





Ikubaru’s Blogzia-Setelah 12 tahun kita memakan bangku sekolah, akhirnya kita memasuki masa baru dalam hidup kita, ya kita sudah bisa bekerja atau juga berkuliah, yang ditandai oleh kelulusan dari Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA / SMK). Sebagai lulusan dari SMA / SMK kita akan dihadapkan oleh 2 pilihan, yakni mau bekerja atau berkuliah.

Bagi yang memiliki dana yang cukup sobat bisa berkuliah di Universitas terkemuka baik didalam negeri maupun diluar negeri yang biasanya diselenggarakan dengan Kelas Reguler. Tapi bagaimana jika yang kesulitan dana? Sobat bisa memanfaatkan beasiswa  dari berbagai pihak, baik itu dari CSR perusahaan-perusahaan maupun dari Kementrian Pendidikan Nasional. Untuk mengatasi permasalahan dana, Sobat juga bisa bekerja terlebih dahulu.

Dalam mengatasi masalah dana terkadang sobat harus bekerja dulu, tapi perlu diingat tujuan kita beerja ialah selain mencari uang tapi juga harus mewujudkan mimpi kita untuk berkuliah. Namun pada saat ini kita ga harus lama-lama mengumpulkan uang, sekarang sudah banyak kampus yang menyelenggarakan Kelas Eksekutif atau Karyawan yang dikhususan untuk sobat yang bekerja.

Pada saat ini beberapa kampus baik universitas maupun sekolah tinggi tidak hanya menyelenggarakan kelas regular saja, tapi juga kelas eksekutif atau karyawan. Nah apa sih yang membedakan antara regular dan eksekutif?

WAKTU PERKULIAHAN

Kelas Reguler akan menyelenggarakan perkulihan selama 4-5 hari dalam seminggu. Kelas Reguler biasanya dimulai pada pukul 09.00 hingga sore hari (biasanya hingga pukul 15.00 atau 17.00) tergantung pada mata kuliah dalam sehari.

Berbeda dengan Kelas Reguler Pada Kelas Eksekutif ada dua waktu kuliahnya, yakni Kelas Malam atau Kelas Sabtu Minggu. Untuk kelas malam hampir sama harinya dengan kelas regular, namun untuk waktu kulianya diselenggarakan pada malam hari, yakni dimulai pada pukul 17.00 hingga 21.00. Namun untuk Kelas Sabtu Minggu, memang diselenggarakan pada hari Sabtu Minggu pada pukul 09.00 hingga 17.00.

SISTEM PERKULIAHAN

Pada dasarnya antara kelas regular dengan kelas ekseutif tidak ada perbedaan yang mencolok dalam sistem perkuliahannya, karena silabus yang digunakan pun  sama. Hanya saja dalam teknisnya kelas reguler lebih menekankan pada konsep dan teori secara akademis secara mendetail. Untuk kelas eksekutif tidak jauh berbeda, namun hanya menggambarkan secara garis besarnya dan bagaimana penerapan pada dunia kerjanya.

PRODI DAN FAKULTAS PENYELENGGARA KELAS EKSEKUTIF

Banyak program studi dan Fakultas yang menyelenggarakan perkuliahan eksekutif. Berikut beberapa Fakultas yang pada umumnya menyelenggarakan perkuliahan eksekutif, yakni:
  1. Fakultas Ekonomi (FE), yang terdiri dari Prodi Manajemen dan Akuntansi
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yang terdiri dari Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Administrasi Negara, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, dan lain-lain
  3. Fakultas Hukum (FH), yang terdiri dari Ilmu Hukum dan Kriminologi
  4. Fakultas Ilmu Komputer, yang terdiri dari Teknik Komputer, Manajemen Informatika, dan lain-lain.
  5. Fakultas Sastra (FS), yang terdiri dari Sastra Indonesia maupun Satra Bahasa Asing
  6. Fakultas Pendidikan
  7. Fakultas Agama Islam
Untuk Fakultas-Fakultas Ilmu Eksaks biasanya tidak menyelenggarakan perkuliahan secara eksekutif, mungkin dikarenakan banyaknya praktek yang harus dijalankan oleh mahasiswanya. Adapun prodi yang tidak menyelenggarakan perkuliahan eksekutif ialah:
  1. Fakultas Kedokteran (FK)
  2. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)
  3. Fakultas Pertanian
  4.  Fakultas Ilmu Kesehatan
  5. Fakultas Teknik
  6. Sebagian Fakultas Ilmu Komputer, seperti Sistem Informasi
  7. Fakultas Biologi
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA)
  9. Fakultas Desain Grafis
  10. Fakultas Kehutanan, dan lain-lain
Namun terkadang ada beberapa kampus yang menyelenggarakan perkuliahan kelas eksekutif dari Fakultas-Fakultas diatas. Untuk penyelengaraan perkuliahan eksekutif tidak hanya pada tingkat Strata 1 (S1) saja, namun ada juga pada Program Diploma 3 (D3), Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3) tidak hanya pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS), namun PTN juga mulai membuka kelas eksekutif ini.




BERBAGAI KEUNGGULAN KELAS REGULER DAN EKSEKUTIF


Kelas Reguler dan Kelas Eksekutif dapat dikatakan memiliki keunggulannya masing-masing dalam pelaksanaan perkuliahannya. Berikut merupakan Keunggulan dari Perkuliahan Kelas Reguler dan Eksekutif:


KELAS REGULER


  1. Mahasiswa rata-rata berusia tidak berbeda jauh dengan kita, karena berasal dari tahun lulusan SLTA yang sama atau berbeda 1 sampai 2 tahun.
  2. Penyampaian Pekuliahan dapat dikatakan Fresh, karena dilakukan pada waktu pagi hari
  3. Banyak waktu untuk dapat melakukan observasi atau penelitian akademis.
  4. Konsep perkuliahan lebih tertuju pada konsep akademis dan pengenalan konsep aplikatif dalam dunia kerja.
  5. Tugas perkuliahan yang diberikan lebih tertuju pada skill dan kemampuan dalam persaingan dunia kerja.
  6. Mengarahkan mahasiswanya pada persaingan dunia kerja dan usaha di masyarakat.
  7.  
     

KELAS EKSEKUTIF


  1. Mahasiswa tersebar dari berbagai kelompok usia, ada yang seumuran ada juga yang sudah senior. Keunggulannya ialah kita dapat belajar dari pengalaman orang yang lebih senior.
  2. Penyampaian materi perkuliahan dapat dilakukan secara fleksibel, yakni tanpa menggaunggu waktu kerja.
  3. Banyak link yang dapat dimanfaatkan dalam penarian kerja, karena mayoritas mahasiswanya sudah bekerja.
  4. Menjadi pribadi yang disiplin dalam mengatur waktu antara waktu perkuliahan dengan waktu bekerja.
  5. Proses Perkuliahan lebih banyak tertuju pada Konsep Aplikatif, sehingga konsep dapat diterapkan dalam kesehariaan pekerjaan.
  6. Tugas Perkuliahan yang diberikan lebih tertuju pada fenomena pekerjaan yang sedang digeluti yang berhubungan dengan jurusan perkuliahan.



Share this:

4 comments :

  1. duh ane masih pusing nih mau kuliah apa langsung kerja ,, tapi udah baca yang di atas jadi kpengen kuliah deh :D

    ReplyDelete
  2. Kayanya na tertarik dgn ini..
    Klo bs kuliah dgn uang sendiri itu lbh kan ? bisa membanggakan dan meringankan tanggungan ortu nih
    Saran dong ka

    ReplyDelete
  3. Ya ini kesempatan bg kita yang sedang bkrja ingin melanjutkan kuliah .. Bsa terbantu dgn adanya kelas karyawan nice info. Gann

    ReplyDelete
  4. Ya ini kesempatan bg kita yang sedang bkrja ingin melanjutkan kuliah .. Bsa terbantu dgn adanya kelas karyawan nice info. Gann

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes