BREAKING NEWS

Sunday, February 9, 2014

JURUSAN ILMU GIZI ITU SEPERTI APA SIH

Ikubaru's Blogzia-Selamat datang di Ikubaru's Blogzia, kalian lagi bingung mau mengambil kuliah di jurusan apa di Perguruan Tinggi. Memang masa-masa yang paling menyebalkan ialah memilih jurusan yang cocok untuk kita. Terkadang kita mau ambil jurusan ini namun orangtua tidak merestui, sebaliknya orang tua juga menyarankan untuk mengambil jurusan itu, tapi kita tidak minat. Untuk itulah pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi selain harus didasarkan pada minat dan bakat yang kita miliki juga harus didasari oleh kemampuan dan restu dari orang tua.


Dalam kegalauan seperti ini, Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai review Ilmu Gizi di Perguruan Tinggi. Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan atau program studi yang banyak diminati baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Ilmu Gizi ini banyak digabungkan ke berbagai Fakultas. Untuk di Universitas Brawijaya, Ilmu Gizi dikelompokkan kedalam Fakultas Kedokteran, sedangkan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Ilmu Gizi dikelompokkan kedalam Fakultas Ekologi Manusia (FEMA)

Didalam Jurusan Ilmu Gizi banyak mengkaji mengenai gizi makanan dan pengolahan makanannya. Dalam kajian ini juga sering diadakan Praktikum seperti membuat makanan yang bergizi, seperti kegiatan praktikum memasak. Adapun kegiatan praktikum ini juga banyak mengarah pada pembuatan makanan bagi pasien di rumah sakit dengan mempertimbangkan aspek gizi dan kesehatan pasien.

Jurusan Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati dalam gelaran SNMPTN dan SBMPTN. Di Institut Pertanian Bogor (IPB), Ilmu Gizi menempati jurusan yang paling diminati selain Manajemen, Ekonomi Syari'ah, dan Ilmu Komputer. Di PTN lain di Jawa Tengah, Ilmu Gizi memiliki peminat sekitar 500 orang dengan daya tampung SBMPTN 62 kursi. Gelar Akademik yang dianugerahkan pada lulusan Ilmu Gizi ialah Sarjana Gizi (S.Gz).


KONSENTRASI ILMU GIZI

Dalam mengkaji permasalahan dalam bidang Gizi, Jurusan Ilmu Gizi membagi Konsentrasi Jurusan menjadi 3 konsentrasi, yakni:
  1. Gizi Klinis
  2. Food Service
  3. Gizi Komunitas

PROSPEK KARIER JURUSAN ILMU GIZI

Para lulusan Ilmu Gizi banyak yang menempati diterima di lembaga Kesehatan, seperti Rumah Sakit dan Puskesmas. Selain itu lulusan Ilmu Gizi banyak juga yang menempati posisi sebagai analis gizi di Industri Pangan. Prospek lainnya dalam Ilmu Gizi ialah sebagai konsultan Gizi di lingkungan masyarakat, seperti Konsultan Diet, Konsultan Gizi Lansia, Konsultan Gizi Anak dan Balita, dan lain sebagainya. Dalam bidang Pendidikan, Prospek Ilmu Gizi akan menjadi Staff Pengajar di Perguruan Tinggi dengan mengambil pendidikan Strata 2 (S-2).



Share this:

3 comments :

  1. Ilmu gizi emang ga penting buat yg awam..tp pada dasarnya vital bgt..

    ReplyDelete
  2. , pengen banget lulus SMA masuk gizi. Cita2nya sih pengen bgt bantuin remaja yg pada pengen diet biar gak salah jalan, dan gak bikin penyakit.

    ReplyDelete
  3. manusia makan 3 kali sehari, tujuh hari seminggu, belum termasuk ngemil... dengan kebutuhan makan tersebut, maka lulusan gizi akan selalu memiliki prospek yang cerah... sesuai kemampuan masing2 lulusannya...

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes