BREAKING NEWS

Thursday, April 24, 2014

CARA MUDAH MENGERJAKAN SOAL TPA: TES ANALOGI KATA

Ikubaru's Blogzia-Hai Kawan Apa Kabarnya nih? Semangat terus ya dalam menghadapi hari. Bagaimana persiapan kalian dalam SBMPTN, wahh mungkin sudah banyak yang tancap gas nih mulai dari beli buku SBMPTN, mungkin juga ada yang kalian sudah mempersiapkan dengan mengikuti Bimbel. Ya sah saja, memang dalam SBMPTN kita harus maksimal mempersiapkannya.


Kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai Tips dan Cara Mudah Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik dengan materi Tes Analogi Kata. Mungkin bagi yang sudah pernah mengikuti SBMPTN tahun lalu sudah melihat bagaimana soalnya dan mungkin sudah tahu bagaimana triknya. Perlu diingat nih, Tes Analogi ini merupakan Tes yang paling sering diujikan dalam gelaran SBMPTN. 

Dalam Tes Analogi Kata ini menguji kemampuan kalian dalam ber-Logika Ria. Tes Analogi ini juga dipakai dalam menguji kemampuan seseorang dalam mencari kata-kata yang setara dan saling berhubungan. Jadi dalam Tes ini yang diuji ialah Kemampuan Bahasa (Verbal) dan daya nalar kalian dalam menjawab soal TPA Analogi Kata.

Soal-soal yang keluar dalam TPA Analogi kata ini bermacam-macam, bisa saja mengenai Sinonim atau Antonim atau juga mengenai Fungsi dan Asosiasi Kata. Namun, dalam beberapa soal TPA terakhir banyak keluar tipe soal seperti:
  1. Urutan
  2. Definisi
  3. Ukuran
  4. Golongan
  5. Habitat
  6. Sebab-Akibat
  7. Sifat Objek
  8. Fungsi Objek
  9. Asosiasi Objek
  10. Media
  11. Urutan
  12. dll
Soal TPA Analogi Kata juga tiap tahunnya beragam bentuknya. Hal ini dikarenakan tiap tahunnya beragam kemampuan orang yang diujinya, namun jangan khawatir tipe soal TPA Analogi Kata ini takkan keluar dari koridor rujukkan pembuatan soal.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya diatas bahwa Tes Analogi ialah mencari Hubungan Kata yang pas dengan Kata yang lainnya, misal
A : B = C : D
Kita harus mencari hubungan kata antara A dengan C dan B dengan D. Ada beberapa Jenis Soal TPA Analogi Kata yang Ikubaru's Blogzia temukkan dalam TPA Analogi Kata, yakni seperti berikut:



Sudah ada gambaran mengenai Soal TPA Analogi Kata ini, kita bahas dulu yuk!! Sebelumnya kita harus tahu dulu Apa Jenis Hubungan Katanya.

Nomor 1 ialah Hubungan Kata Jenis Sebab-Akibat, jadi Penyebab Buta ialah diakibatkan karena Kurang Penglihatan,  Penyebab Kelaparan ialah karena Kurang Makanan

Nomor 2 ialah Hubungan Kata Jenis Sifat dan Profesinya, jadi Orang yang Cerdas ialah Ilmuwan, sedangkan Orang yang Lentur ialah Pesenam

Nomor 3 ialah Hubungan Kata Jenis Asosiasi, jadi Hutan ialah Kumpulan Pohon, sedangkan Armada merupakan Kumpulan Kapal.

Nomor 4 ialah Hubungan Kata Jenis Makhluk, Alat Nafas, Habitat, jadi Ikan bernafas dengan Insang dan Hidup di Laut, maka Manusia bernafas dengan Paru-Paru dan Hidup di Darat

Bagaimana gampang kan? Banyak berlatih saja pasti kalian bisa sob, optimis selalu !!


TIPS DAN TRIK 

  1. Kenali dulu Jenis dan Tipe Soalnya, karena langkah ini dapat memudahkan kita dalam mengerjakan soal.
  2. Jangan terpaku pada Pilihan Jawaban, karena banyak jebakan sehingga kita harus berhati-hati
  3. Fokuskanlah pada Analogi Kata yang ada, misal A : B = C : D, maka fokuskanlah pada A dan D, maka kalian akan menemukan tipe soalnya.
  4. Sebagaimana dengan Soal TPA lainnya, soal ini juga dpaat membuat kita merasa penasaran, hingga dapat menghabiskan waktu. Oleh karena itu, maka jangan sampai terlalu terlena dengan soal ini. Dalam mengerjakan satu soal kita hanya bisa mengerjakan dalam waktu 10-20 setik saja.
  5. Yang ga kalah penting ialah, Rajinlah Latihan soal-soal TPA, khususnya soal Analogi ini, semakin kita rajin maka semakin cepat kita meng-ANALOGI-kan kata yang ada.
Bagaimana sob sudah mengerti dari pembahasan ini, apabila ada yang kurang jelas bisa komen di komentra FB atau Blog. Bila ingin berkomnetar Blog, kalian dapat menggunakannya dengan akun ID G+ yang kalian miliki sob.

Mari Kita Belajar Bersama, Untuk Kesuksesan Kita Semua!! 


GANBATTE, MAN JADDA WA JADDA




Kalian juga bisa simak artikel lainnya mengenai Pendidikan di Ikubaru's Blogzia: Pendidikan

MOHON SHARE KEPADA YANG LAINNYA YA, AGAR BISA ILMU DAPAT TERSEBAR!!

Share this:

11 comments :

  1. Jadi seperti itu ya , makasih ya udah memposting yang bermanfaat :D

    ReplyDelete
  2. buat tes universitas ya, ane baru mau tes sma :v

    ReplyDelete
  3. posting yg bermanfaat gan..
    saya coba dulu tes otak saya heheh

    ReplyDelete
  4. Wah Ini Nih Artikel Yang Saya Cari-Cari , Thanks Yah Gan Sangat Bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Sob infonya, siapa tahu suatu saat nanti berguna.

    ReplyDelete
  6. Emang kudu teliti..walaupun sepintas mudah soalnya..thanks udah share bro..

    ReplyDelete
  7. masih belum ngerti gan... ada cara lebih efektif gak? soalnya mau ujian nih

    ReplyDelete
  8. dalam menjawab sebuah tes haruslah dipadukan keseuaian knowledge yg kita punya dengan logika, karena sebahagian besar tes menguji seberapa besar nalar seseorang

    ReplyDelete
  9. Makasih Mas , Apa ini trik sudah mas praktek ?

    ReplyDelete
  10. Makasih kak tips tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes