BREAKING NEWS

Saturday, September 13, 2014

CATATAN PENGALAMAN KERJA DI PERUSAHAAN JEPANG

Ikubaru's Blogzia-Apa sih yang terbayang bagi sobat semua mengenai Jepang, mungkin Anime atau mungkin cewek-ceweknya yang Kawaii Bingits hehe. Memang Jepang banyak dikenal dengan anime-nya, tapi tahukah sobat Jepang tidak hanya dikenal dari Budaya Pop-nya saja seperti Anime, J-Music, dan Cosplay-nya tapi juga dikenal dengan Etos Kerjanya yang super disiplin. Ya Jepang memang sudah terkenal dengan Cara kerja dan Displin kerjanya yang tinggi, oleh sebab itu Jepang sekarang dikenal sebagai Negara Maju di dunia.

Berkaitan dengan Cara dan Disiplin Kerja Jepang, kali ini Admin ingin share tentang Pengalaman Kerja di Perusahaan Jepang. Admin memang pernah Bekerja di PT. XYZ (Yang anak Akuntansi tahu itu Perusahaan apa, hehe) yang notabene Perusahaan Multinasional dari Jepang, tapi kurang begitu dikenal di Indonesia. Di Perusahaan itu terdapat 2 orang Jepang (Kalo sekarang sih udah jadi 3). Mereka menjabat sebagai Manager di bidangnya masing-masing.

Pada awal masuk Admin memang sempet dicuekin selama 1 bulan tanpa ada komunikasi. Memang pada dasarnya para atasan Jepang memang cuek pada karyawan baru di Perusahaannya, tapi dibalik rasa cueknya itu mereka diam-diam memperhatikan cara kerja kita loh, bagaimana kita bekerja secara baik sesuai apa yang mereka harapkan. Mereka akan mulai membuka perhatiannya ketika mereka menganggap karyawan baru itu mampu dan bisa bekerja, terkadang mereka juga membuka perhatiannya ketika terjadi kesalahan dari karyawan baru itu, namun mereka juga akan mengarahkan dan memberi solusi mengenai kesalahan yang diperbuat karyawan baru tersebut.

Di PT. XYZ juga Admin dapat pengalaman baru mengenai cara dan Budaya Kerja Jepang dikenal di Indonesia sebagai 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) atau dalam Bahasa Jepang dikenal sebagai 5S (Seiri, Seiton, Seisho, Seiketsu, Shitsuke). Dalam Budaya Kerja Jepang ini kita benar-benar dituntut untuk selalu bekerja prima dan jangan sampai hal yang sepele bisa menghambat pekerjaan kita.


Selengkapnya mengenai BUDAYA KERJA JEPANG dapat Sobat simak di artikel
Ikubaru's Blogzia: Ini Dia Budaya Kerja Jepang, Wajib Mencontoh nih!


KARAKTER DAN PRIBADI KERJA ORANG JEPANG




ORANG JEPANG ITU PELIT?

Berbicara mengenai pribadi orang Jepang nih, memang orang Jepang pelit akan apa mereka punya, bahkan terkadang mereka enggan untuk mengeluarkan uang untuk sekedar menyenangkan anak buahnya. Namun dibalik pelitnya orang Jepang, mereka masih mau membagi ilmu yang mereka ketahui. Mereka masih mau untuk mengajarkan pada anak buahnya mengenai pola dan sistem pemikiran dalam pekerjaan yang digeluti anak buahnya. 



TELITI ITU WAJIB BAGI ORANG JEPANG


Hal lain yang musti dan kudu diperhatikan ketika bekerja dengan orang Jepang ialah KETELITIAN EKSTRA. Orang Jepang memang dikenal sangat teliti mengenai suatu kesalahan, baik itu yang remeh maupun yang fatal. Karena bagi mereka suatu hal yang remeh bisa saja menjadi fatal ketika hal yang remeh saja tidak diperhatikan. Pernah suatu ketika Admin membuat laporan yang hanya salah garis yang sebenarnya tidak terlalu terlihat, namun laporan itu dikembalikan lagi karena ada salah garis. Masalah itu saja bisa di complain abis-abisan, apalagi ketika masalah yang ngejlimet seperti Ekspor?



ORANG JEPANG ITU TUKANG MALU?


Karakter dan Sikap orang Jepang yang ga bakal terlepas dari dirinya ialah Budaya Malu. Bagi mereka orang Jepang akan malu mengungkapkan dan bertanya sesuatu yang tidak ada dasarnya. Sebelum bertanya dan memberi perintah biasanya mereka mengumpulkan data yang valid agar tidak terjadi kesalahan yang membuat mereka malu, apa yang terjadi jika mereka malu? Mungkin saja mereka bisa melakukan HARAKIRI, tapi itu untuk kesalahan yang fatal dan sudah mencapai hal yang sangat memalukan bagi mereka.



ORANG JEPANG SELALU BALIK BELAKANGAN


Soal Jam Pulang, Admin baru tau dari partner kerja Admin dulu seorang Translator Jepang. Menurutnya atasan Jepang akan menunggu anak buahnya pulang baru dirinya pulang walaupun atasan Jepang itu sedang tidak ada pekerjaan. Menurut Pandangan atasan Jepang mereka akan merasa sangat malu bila mereka pulang duluan. Pernah suatu ketika atasan Jepang di perusahaan Admin pulang duluan, ehh besoknya malah minta maaf abis-abisan pada anak buahnya karena pulang duluan. Waduhh.. 

Soal Jam Pulang atasan Jepang juga diterapkan pada anak buahnya, pernah Admin ingin pulang duluan (Pada waktu itu memang sudah jam pulang) lalu Admi minta izin pulang kepada atasan Jepang, namun hal ini ditolak mentah-mentah malah Admin dimarahi dan harus lapor terlebih dulu pada atasan Admin yang orang Indonesia. Budaya Jam Pulang ini memang diterapkan sangat ketat oleh Perusahaan Jepang, alasanya memang Kedisiplinan kerja. Jadi hati-hati ya sob tentang Jam Pulang! :D



ORANG JEPANG ITU EKSPRESIF BANGET


Hal lain yang perlu sobat ketahui, Orang Jepang itu sangat Ekspresif. Mereka akan menunjukkan apa yang mereka pikirkan dan rasakan melalui ekspresif mereka. Jangan heran bila orang Jepang sering ahh uhh ahh uhh bila mereka sedang pusing dan stress, bahkan terkadang mereka berbicara sendiri. Tapi jangan lupa juga sob ketika mereka merasa bahagia mereka juga mengekspresikan kesukaan dan kegembiraan mereka. Tapi terkadang ketika mereka bahagia atau mendengar kabar gembira mereka akan mengekspresikannya secara Lebay.. haha.


CARA MENDAPATKAN HATI ORANG JEPANG


Terkadang didalam sebuah perusahaan anak buah suka CARMUK (Cari Muka) didepan atasannya, hal ini juga sering terjadi di Perusahaan Jepang. Namun untuk mendapatkan perhatian dari orang Jepang ga cukup hanya ucapan dan kata-kata yang memuji dirinya, seperti "Hayashi-san Cakep deh pake baju itu" atau "Mayuyu-san Cantik deh hari ini". Kata-kata seperti malah ga mempan untuk mendapatkan perhatian Orang Jepang. 

Mau tau ga caranya biar mendapatkan perhatian atasan Jepang? Yuk kita lihat Tipsnya a la Ikubaru's Blogzia:
  1. Tunjukkan Produktivitas dan Cara Kerjamu yang bisa membuat kagum atasan Jepang. Caranya munculkan ide-ide dan inovasi baru dalam pekerjaanmu tanpa harus menunggu apa yang diperintahkan oleh atasan Jepang, tapi jangan sampai lebay inovasinya.
  2. Budaya Jepang? Ya.. Orang Jepang akan menghargai anak buahnya yang menyukai Kebudayaan Jepang, apalagi jika anak buahnya paham Bahasa Jepang walaupun hanya sedikit tau. Mereka akan memperhatikan apa yang anak buahnya sukai mengenai Kebudayaan Jepang.
  3. Ketelitian Kerja anak buahnya. Sikap Teliti dan Kritis yang dimiliki anak buahnya akan dapat menarik perhatian atasan Jepang untuk lebih memperhatikan anak buahnya.
  4. Kerja Bersih. Maksunya ialah ketika dalam melakukan pekerjaan lingkungan harus serapih dan sebersih mungkin agar pekerjaan tidak bikin ribet kita.
  5. Loyalitas Kerja. Orang Jepang akan menghargai karyawannya yang mempunyai Loyalitas kerja yang tinggi terhadap kemajuan perusahaan. Orang Jepang juga aka lebih menghargai orang lebih bekerja keras dibandingkan yang lainnya.
  6. Jangan Banyak Omong. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan tanpa harus banyak bicara dan memuji atasan. Orang Jepang akan lebih menghargai karyawannya yang banyak bekerja dibandingkan dengan yang banyak omong. So, TALK LESS DO MORE :D
Cara diatas memang sedikit banyaknya bisa membuat atasan Jepang memperhatikan anak buahnya. Jadi kesimpulannya untuk mendapatkan perhatian orang Jepang memang ga bisa pake omongan dan rayuan gombal, tapi sobat harus buktikan etos da produktivitas kerja sobat dihadapan mereka, baru mereka merasa OK dengan sobat. Selain  itu harus diingat Orang Jepang sangat menjunjung tinggi Kedisiplinan dan Ketelitian Kerja, jadi apabila sobat mendapatka pekerjaan di Perusahaan Jepang, maka hal yang utama yang diperhatikan ialah Kedisiplinan dan Ketelitian Kerja.

Share this:

3 comments :

  1. Orang jepang pelit pantesan jadi kaya tapi kira2 enaknya hidup dijepang daripada di indonesia apa sob?hehe kalau keramahan kan jelas orang indonesia lebih ramah

    ReplyDelete
  2. orang jepang gk suka kepo sama urusan orang lain gan, ane nyaman tinggal disini, hehe :D
    Bayu Setiawan

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes