BREAKING NEWS

Monday, October 22, 2012

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pengambilan keputusan ialah proses bagaimana menetapkan suatu keputusan yang terbaik, logis, rasional, dan ideal berdasarkan fakta, data, dan informasi dari sejumlah alternatif untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan dengan resiko terkecil, efektif, dan efisien.
Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.



TIPE-TIPE KEPUTUSAN
  • Keputusan Auto Generated ialah keputusan dimana diambil dengan cepat dan kurang mempertimbangkan data, informasi, dan fakta yang ada. Keputusan ini diambil dalam keadaan gawat darurat, misalnya pada seorang Pempimpin Pasukan harus menteapkan startegi yang baik dalam menghadapi musuh di medan perang.
  • Keputusan Incuded ialah keputusan dimana keputusan ditetapkan berdasarkan manajemen ilmiah seehingga keputusanbersifat logis, ideal, dan rasional, akan tetapi pengambilan  keputusan lambat, karena mempertimbangkan berbagai hal, contohnya pada penyusunan rancangan peraturan pemerintah yang harus mempertimbangkan sisi berbagai hal sebelum ditetapkan.

CARA MENGAMBIL KEPUTUSAN 
  • Individual Decision, yakni keputusan hanya ditetapkan oleh seorang manajer, seangkan para bawahannya berpartisipasi memberikan saran, opini, dan informasi. Contoh : Manajer Personalia dalam suatu perusahaan mengambil kebijakan tentang perekrutan pegawai baru.
  • Group Decision, yakni keputusan diambil dengan melalui mufakat dan musyawarah, atapun voting. proses pengambilan ini anggota grup berperan aktif untuk membicarakan tujuan dan keputusan yang akan diambil. Contoh : Anggota DPR membahas RUU Jaminan Produk Halal.

TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  1. Operation Research, yakni menggunakan metode-metode matematis dalam analisis dan pemecahan suatu masalah tertentu.
  2. Linear Programming, yakni menggunakan rumus-rumus matematik
  3. Gaming War Games, yakni menggunakan teori yang digunakan dalam menentukan startegi.
  4. Probability, yakni menggunakan teori kemungkinan yang ditetapkan pada kalkulasi rasional atas hal-hal yang tidak normal.
  5. Rangking and Statistical Weighting, yakni dengan cara melokalisasi faktor yang akan mempengaruhi keputusan dan menimbang faktor-faktor yang dapat dibandingkan.

Sumber Rujukkan:
  1. Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Pengertian, Dasar, Masalah. 
  2. http:/wikipedia.com

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes