BREAKING NEWS

Tuesday, October 29, 2013

CARA MENGATASI HALAMAN 404 NOT FOUND

Ikubaru's Blogzia-Cara Mengatasi Halaman 404 Not Found-Udah lama rasanya ga bikin artikel tips blogger dan sekarang kita akan membahas mengenai Cara Mengatasi Halaman 404 Not Found. Sebagai seorang Visitor pasti rasanya jengkel apabila halaman yang kita tuju ternyata tidak ada. 

Penyebab 404 Not Found ini adalah dihapusnya halaman blog yang sebelumnya telah terindeks search engine, sehingga halaman yang dituju menjadi error. Selain itu, penyabab 404 Not Found juga diakibatkan oleh link dari blog lain dimana linknya tersebut tidak ada atau juga sudah dihapus.

Untuk mengatasinya bisa secara manual dengan mencari di webmaster link mana saja yang rusak (broken link) atau juga dengan mengalihkan halaman 404 Not Found menjadi Halaman Utama kita.

Langsung aja kita bahas yuk!! Dengan cara manual maksudnya ialah memperbaiki link yang rusak (broken link) yang ada di halaman atau artikel kita, misalkan kita mengambil tulisan dari situs wikipedia.com yang mengandung link kosong (Halaman Tidak Ada / Tulisan Link Merah).

Untuk mengatsinya pertama-tama kita buka terlebih dahulu Google Webmaster Tool. Setelah itu kita cek di Penyerapan, lalu pilih Tidak Ditemukan.


Sebelumnya kita cek dulu, dimanakah broken link-nya berada, apabila ada di artikel, kita dapat langsung memperbaikinya dengan link yang benar atau juga dapat menghapusnya. Selain itu juga apabila broken link-nya berada di widget blog, misalnya seperti kesalahan pengisian LinkedIn pada Widget, kita dapat dapat mengubahnya dengan mengutak-atik HTML code-nya. 

Cara kedua yang ga kalah menarik ialah mengalihkan halaman 404 Not Found ke Halaman Utaama kita, cara ini efektif loh untuk mengatasi halaman 404 Not Found. Caranya ialah:

Pertama-tama kita buka Setelan, lalu Preferensi Penelusuran, lalu Copy Kode dibawah ini ke "Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan"

<script type="text/JavaScript">
location.replace('URL BLOG ANDA');
</script>
<a href='URL BLOG ANDA'>Click Disini</a>

Ubah URL BLOG ANDA, dengan URL blog kita. Setelah itu klik "Simpan Perubahan". Dan lihat hasilnya. Untuk mengecek, coba tambahkan huruf apa saja dibelakang URL blog, misalnya seperti http://ikubarunovryan.blogspot.com/jbjgjghj.

Hasilnya pasti akan berbalik pada halaman utama blog kita. Silahkan Mencoba!!

Salam Ikubaru's Blogzia

Referensi Tulisan: Optimasi Blog 3

Share this:

16 comments :

  1. referensi cara seperti ini asalnya dari mana gan? kalaupun dari pengalaman agan, agan dapaet referensi untuk mensoolusikan seperti ini dari mana? *just ask

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sumber referensi penulisannya gan di Referensi Tulisan
      saya dapet dr situ tema penulisannya :D
      saya udah coba kok gan :D

      Delete
  2. terima kasih infonya gan.... sangat bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  3. nice share gannn, mantapp ane mau coba juga ntar,

    Salam blogger dari teknologi-berkata.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Terima kash atas infonya

    http://jamil21.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. ini yang pling \ sering terjadi,,thanks info nya gan

    ReplyDelete
  6. oh gitu ya gan terimakasih infonya

    ReplyDelete
  7. Berhasil gan, thanks banget tutorialnya ya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih mas untuk informasinya...

    Udah saya terapkan diblog saya yang satunya lagi, dan berfungsi....

    ReplyDelete
  9. wah ini nih yg saya cari cari selama ini dan saya juga sering mengalami hal diatas dan caranya sangat mudah sekali yah :D makasih ya mas infonya

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes