BREAKING NEWS

Wednesday, October 30, 2013

DASAR-DASAR FLOWCHART

Ikubaru's Blogzia-Flowchart: Dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan Komputer pasti diperlukan penggambaran proses yang berlangsung mulai dari awal hingga penyelesaiannya. Penggambaran proses ini dinamakan dengan Flowchart. 

Flowchart merupakan Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah secara berurutan, baik satu arah maupun dua arah.  Flowchart dapat memberi gambaran mengenai penyajian dari suatu algoritma. Dari penyajian Algortima ini, Flowchart dapat menjelaskan komponen-komponen proses yang berjalan dalam bahasa pemrograman. 

Flowchart banyak berfungsi dalam mendesain dan menggambarkan suatu program. Dalam Mendesain program, Flowchart dapat membantu programmer dalam mennentukan alur logika program tersebut. Sedangkan dalam Penggambaran suatu program, flowchart dapat membantu dalam mempresentasikan alur program kepada pengguna yang lain.

Simbol-Simbol Flowchart


Ada beberapa simbol-simbol yang digunakan dalam mendesain dan menggambarkan Program yang akan dibuat, seperti tabel dibawah ini:


Jenis-Jenis flowchart

Flowchart dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni Program Flowchart dan System Flowchart.

Program Flowchart adalah Flowchart yang berisi mengenai urutan instruksi-instruksi yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program. Contohnya seperti dalam menghitung Luas Segitiga, alas= 10cm dan tinggi= 8 cm. Maka Flowchartnya seperti berikut:


System Flowchart merupakan urutan proses dalam sistem dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data. Contoh System Flowchart ialah dalam pemeriksaan ujian siswa. Maka Flowchartnya seperti berikut:



PETUNJUK MEMBUAT FLOWCHART

Ada beberapa petunjuk atau pedoman dalam pembuatan Flowchart, yakni:
  1. Flowchart menggambarkan jalannya proses dari atas ke bawah, atau dari kiri ke kanan dengan dihubungkan oleh garis lurus.
  2. Jangan membuat pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit.
  3. Jelas mana awal dan akhir proses tersebut.
  4. Proses harus jelas dan berurutan (sequence).
  5. Menggunakan simbol-simbol yang sesuai dengan jalannya proses.
  6. Harus menggambarkan suatu analisis suatu masalah  
Referensi Tulisan:
Wulandary, Lily. 2012. Algortima dan Flowchart.

Sumber Gambar:
Softcopy Diktat Kuliah Sistem Informasi Manajemen

Share this:

5 comments :

  1. Belum belajar sampe situ, tapi gak pp lah kan ilmu gak ada yang sia-sia.

    ReplyDelete
  2. jadi inget masa kuliah :D apa lagi pas object oriented system programming

    Rahmania Farid (blogalague.com)

    ReplyDelete
  3. ini pelajaran waktu computer science jaman kuliah...nice share

    kunjungan dari EduToddler

    ReplyDelete
  4. wah matkul gua nih materinya :D

    follow back my blog dan commentarnya http://raflyhariss.blogspot.com/

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes