BREAKING NEWS

Saturday, December 21, 2013

PRODI TEKNIK ELEKTRO, SAYA MINAT TIDAK?

Ikubaru's Blogzia-Masa-masa akhir SLTA merupakan masa yang paling menentukan, apakah sobat mau bekerja atau menjalutkan studi. Bagi sobat yang akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi mungkin juga akan berpikir, prodi mana yang terbaik bagi sobat. Memilih prodi merupakan hal yang tidak bisa sembarangan, oleh karena itu dalam memilih prodi haruslah didasarkan pada minat dan bakat sobat. Dalam melihat minat dan bakat, sobat dapat melihat pada kesukaan dan hal-hal yang sobat sukai.


Apakah sobat tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan elektoronik, lalu sobat suka mengamati atau sobat menyukai pelajaran fisika, terutama dalam bab elektronika. Atau juga sobat lulusan dari SMK Listrik,  Mungkin saja sobat memiliki minat dan bakat dalam bidang elektronika. Dengan minat dan bakat yang sobat miliki, sobat bisa saja memilih prodi Teknik Elektro.

Teknik Elektro merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Teknik (ada beberapa Perguruan Tinggi yang menggabungkannya dalam Fakultas Teknik dan Sains) yang banyak mengkaji teknologi dari sudut pandang elektro. Alumni dari Prodi Teknik Elektro banyak yang menepati posisi sebagai tenaga ahli dan konsultan di berbgaai sektor industri dan perkantoran, seperti:
  1. Telecommunication Engineer
  2. Electonic Engineer
  3. IT Management
  4. Hardware Maintenance
  5. Electronical Power Management
  6. IT Programmer
  7. Staff pengajar bidang elektro, baik dosen maupun guru SMK Teknik

Prodi Teknik Elektro merupakan  prodi yang paling banyak diminati dalam SBMPTN dalam kelompok Teknik Saintek, bersama Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, dan Teknik Pertambangan. Di salah satu PTN di Pulau Jawa, Teknik Elektro menduduki urutan ke-3 dalam kelompok Teknik, setelah Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Diberbagai PTS, Teknik Elektro juga banyak diminati.

KONSENTRASI PRODI TEKNIK ELEKTRO


Pada umunya Prodi Teknik Elektro memiliki 3 konsentrasi utama, seperti:
  1. Teknik Elektronika Mikroprosesor
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya pada pemahaman mengenai sistem berbasis mikroprosesor dengan dibekali kemampuan dalam Programmable Logic Controller, Perancangan Digital Berbasis VDHL, Electronical Industry, Teknik Robotik, Control System, dan CBIS.
  2. Teknik Telekomunikasi
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya pada pemahaman mengenai teknologi telekomunikasi GSM, CDMA, dan 3G or 4G dengan dibekali kemampuan Broadband Telecommunication, Komunikasi Serat Optik, Wireless Communication, Rekayasa Trafik Komunikasi, dan Seluler Bergerak.
  3. Teknik Komputer Multimedia
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya pada pemahaman mengenai konten dan aplikasi multimedia dengan dibekali kemampuan Web Based Application, Animation Application, High Speed Network, Mobile Internet Protocol, Computer Network, Wireless Network, dan Computer Architecture.


Share this:

1 comment :

  1. memilih jurusan harus yang pas, Elektro Audio Video juga gan :D

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes