BREAKING NEWS

Thursday, December 19, 2013

PRODI ILMU HUKUM KEREN JADI PENGACARA

Ikubaru's Blogzia-Sobat lagi bingung lulus SMA mau pilih Prodi apa? Memang banyak jurusan yang sangat menjanjikan prospek pekerjaan di masa mendatang, tapi jurusan mana yang cocok dengan minat dan bakat sobat. Apakah sobat tertarik dalam mengamati kasus-kasus yang sedang hangat di berita, seperti kasus korupsi, sengketa lahan, dan lain-lain, mungkin sobat bisa pilih Prodi Ilmu Hukum.


Apa yang dibayangkan oleh sobat mendengar Prodi Ilmu Hukum atau Fakultas Hukum? Pasti sobat akan berpikir lulusan Fakultas Hukum menjadi Pengacara atau Hakim. Memang profesi tersebut dicetak dari Fakultas Hukum, tapi ternyata masih banyak profesi yang dihasilkan dari Fakultas Hukum, seperti:
  1. Panitera
  2. Notaris
  3. Penasehat Hukum
  4. Jaksa
  5. PPAT (Pejabat Pencatat Akta Tanah)
  6. Pengamat Hukum
  7. Analis Hukum Bisnis Perusahaan
  8. Jurnalis
  9. Analis Hukum Perbankan
  10. Polisi
  11. Staff Pengajar bidang Hukum / Dosen

Di Fakultas Hukum, para mahasiswanya akan diberikan pemahaman Hukum yang ada di masyarakat, seperti Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Perdata, Hukum Adat, dan Hukum Islam. Selain itu juga, dalam Fakultas Hukum para mahasiswanya juga akan diajarkan beberapa materi, seperti Bahasa Belanda, Hukum Perkawinan, Hukum Transaksi Keuangan, dan lain-lain yang akan mendukung kompetensi mahasiswanya.

Fakultas Hukum merupakan Prodi yang paling favorit yang pilih oleh peminatnya dalam SBMPTN dalam kelompok SOSHUM, selain Manajemen, Akuntansi, Ilmu Politik, Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan lain-lain. Selain itu diberbagai PTS, Fakultas Hukum juga Prodi yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswanya.

KONSENTRASI FAKULTAS HUKUM

Berikut beberapa konsentrasi pada Fakultas Hukum, seperti:
  1. Hukum Bisnis
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dalam hal Hukum Transaksi Bisnis baik nasional mapun internasional, Hukum Investasi dan Hukum Pasar Modal, Hukum Transaksi Keuangan, Hukum Persaingan Usaha dan Perlindungan Konsumen.
  2. Hukum Administrasi Negara / Hukum Tatanegara
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dalam hal pemahaman Hukum Penyelenggaraan Pemilu dan Lembaga Negara. Selain itu Konsentrasi ini juga akan membekali dengan Hukum Administrasi Daerah, Hukum Kepartaian dan Ormas, Hukum Fiskal dan Pajak, dan lain-lain
  3. Hukum Pidana
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dalam hal Hukum Pidana Umum, Pidana Militerm Kejahatan Korporasi, Kriminologi, Hukum Arbitrase, dan Hukum Sengketa Pidan lainnya.


  4. Hukum Perdata
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dalam hal Hukum Perjanjian, Hukum Perdanganan, dan Hukum Sengketa Perdata lainnya.

Pada jenjang pendidikan berikutnya, Ilmu Hukum memiliki spesialisasi sesuai bidang profesi lulusannya, contohnya seperti Notaris. Profesi Notaris merupakan lulusan dari Prodi Spesialisasi Ilmu Kenotariatan. Gelar Akademik yang akan dianugerahkan pada lulusannya ialah M.Kn (Magister Kenotariatan) atau Sp.N (Spesialis Notariat).

Share this:

1 comment :

  1. Memotivasi bnget nih gan, buat yg akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi.. :)

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes