BREAKING NEWS

Tuesday, January 6, 2015

APA SIH YANG DIPELAJARI DI JURUSAN MANAJEMEN?

Ikubaru's Blogzia-Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang paling didamkan oleh banyak orang karena output lulusannya banyak yang diserap oleh perusahaan. Wahh.. Apa saja yang dipelajari di jurusan Manajemen ya sehingga banyak yang diserap di perusahaan? Banyak sekali yang dipelajari di Jurusan Manajemen, mari kita bahas satu-satu!


Sebelumnya bagi sobat semua yang belum tahu Apa sih itu Jurusan Manajemen? Jurusan Manajemen merupakan Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan ini banyak mempelajari operasioanlisasi perusahaan dan bisnis, seperti Pemasaran (Marketing), Keuangan (Finance), SDM (Personalia), dan Operasi Produksi.

Nah untuk lebih jelasnya, sobat bisa menyimak Review Jurusan Manajemen Bisnis di:

Pada Jurusan Manajemen Bisnis banyak yang dipelajari seperti Materi Ekonomi Dasar (Teori Ekonomi atau Ekonomi Mikro/Makro), Matematika Bisnis, Pengantar Manajemen, hingga pada Mata Kuliah konsentrasi seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, dan Manajemen Produksi dan Operasi.

Di Jurusan Manajemen juga ga hanya mengupas mengenai Ilmu Ekonomi dan Manajemen saja loh, tapi juga membahas mengenai Ilmu yang mendukung seperti Sistem Informasi Manajemen, Komunikasi Bisnis, Pengantar Komputer, Hukum Bisnis, English I-IV dan lain sebagainya.

Baca Juga sob: 




BAGAIMANA SIH SISTEM PERKULIAHAN DI JURUSAN MANAJEMEN?

Sistem Perkuliahan di Perguruan Tinggi memang berbeda dengan SLTA, termasuk Jurusan Manajemen. Pada Perguruan Tinggi, Materi Perkuliahan didasarkan pada Sistem Kredit Semester (SKS) bukan lagi berdasarkan rutinitas Mata Pelajaran yang diajarkan selama 3 tahun di SLTA. Apa saja sih sistem yang diterapkan dalam perkuliahan di Perguruan Tinggi:
  1. Pembagian Materi Perkuliahan didasarkan pada Kelompok Mata Kuliah seperti, MKK, MPK, MPB, MKB, dan Mata Kuliah Konsentrasi Jurusan
  2. Sistem Perkuliahan didasarkan pada Sistem Kredit Semester (SKS). SKS ini terdiri dari beberapa Satuan Kredit Semester (sks) yang dapat menentukan waktu perkuliahan serta praktek dan tugas yang diberikan.
  3. Sebelum mengikuti Perkuliahan Mahasiswa diwajibkan untuk Mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Beberapa Perguruan Tinggi sudah menerapkan pengisian dengan cara online.
  4. Nilai yang diberikan berdasarkan Huruf dan akan menghasilkan IPS (Indeks Prestasi Semester) dan akan dikumulatifkan menjadi IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)
  5. Laporan Nilai Mahasiswa akan berbentuk KHS (Kartu Hasil Studi)
  6. Untuk menempuh Mata Kuliah Lanjutan, mahasiswa harus terlebih dahulu menempuh (lulus-red) dari Mata Kuliah yang di prasyaratkan
Sistem Matakuliah yang diajarkan Jurusan Manajemen di setiap Perguruan Tinggi berbeda-beda akan tetapi masih mengacu pada Kurikulum Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah. Bisa saja pada Kampus 1 diajarkan mata kuliah ini, akan tetapi dikampus lain tidak diajarkan. Tetapi hal ini tidak membuat kualitas pengajaran di setiap kampus itu menjadi buruk, karena pada dasarnya setiap Kampus memiliki corak tersendiri dala mencetak output lulusannya yang siap terjun di masyarakat.


APA SAJA MATA KULIAH DI JURUSAN MANAJEMEN?

Setelah membaca uraian diatas mungkin sudah ada sedikit gambaran mengenai Sistem Perkuliahan di Perguruan Tinggi toh. Seperti yang sudah dibahas tadi mengenai Kelompok Mata Kuliah, di Jurusan Manajemen beberapa pengelompokkan Mata Kuliah, seperti:

MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)

MPK merupakan Kelompok Mata Kuliah yang memfokuskan untuk pengembangan kepribadian dan moral mahasiswanya. MPK pada umumnya terdiri dari:
  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Pancasila
  4. Bahasa Indonesia
  5. Bahasa Inggris Bisnis
  6. Ilmu Alamiah Dasar
  7. Ilmu Budaya Dasar
Ada beberapa Perguruan Tinggi yang menambahkan Mata Kuliah tertentu seperti Pendidikan Anti Korupsi, Wawasan Sosial Budaya, Konservasi Lingkungan, dan lain sebagainya. Akan tetapi Mata Kuliah ini bersifat Pilihan.

MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)

MKK merupakan Kelompok Mata kuliah yang memfouksukan pada landasan kelimuan dan ketermapilan tertentu yang dipergunakan dalam Mata Kuliah Lanjutan. MKK dalam Jurusan Manajemen pada umumnya terdiri dari:
  1. Ekonomi Mikro
  2. Ekonomi Makro
  3. Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
  4. Pengantar Bisnis
  5. Pengantar Manajemen
  6. Matematika Ekonomi
  7. Matematika Bisnis
  8. Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
  9. Pengantar Aplikasi Komputer
  10. Kewirausahaan
  11. Ekonomi Koperasi
  12. Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik

MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)

MPB menekankan para mahasiwa dalam pembentukan sikap dan perilaku yang diperlukan dalam proses berkarya berdasarkan jurusan yang diambilnya. MPB dalam Jurusan Manajemen pada umumnya terdiri dari:
  1. Perilaku Organisasi
  2. Metode Penelitian
  3. Manajemen Investasi
  4. Anggaran Perusahaan
  5. Perpajakan
  6. Hukum Bisnis
  7. Ekonomi Manajerial
  8. Ekonomi Internasional
  9. Komunikasi Bisnis
  10. Analisis Kuantitatif
  11. Perekonomian Indonesia
  12. Etika Bisnis

 

MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)

MKB menenkankan pada kajian yang dapat menghasilkan tenaga ahli dalam berkrya berdasarkan dasar keilmuan dan keterampilan yang dikuasai. MKB pada Jurusan Manajemen terdiri dari:
  1. Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
  2. Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
  3. Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
  4. Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
  5. Manajemen Strategik
  6. Akuntansi Biaya
  7. Akuntansi Manajemen
  8. Riset Operasi
  9. Sistem Informasi Manajemen
  10. E-Commerce
  11. Studi Kelayakan Bisnis
  12. Analisa Laporan Keuangan
  13. Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi 

MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN

Dalam Jurusan Manajemen ada 4 konsentrasi, yakni Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, dan Manajemen Operasional (banyak perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan 3 konsentrasi tanpa ada Konsentrasi Manajemen Operasional). Adapun Mata Kuliah Konsentrais Jurusan, yakni sebagai berikut:


MANAJEMEN PEMASARAN
  1. Riset Pemasaran
  2. Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
  3. Manajemen Pemasaran Internasional
  4. Perilaku Konsumen
MANAJEMEN KEUANGAN
  1. Manajemen Keuangan Internasional
  2. Analisis Sekuritas dan Portofolio
  3. Analisis Kinerja Keuangan
  4. Manajemen Resiko
MANAJEMEN SDM
  1. Total Quality Management (TQM)
  2. Manajemen Kinerja dan Kompensasi
  3. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
  4. Teknik Perencanaan Tenaga Kerja
MANAJEMEN OPERASIONAL
  1. Manajemen Mutu Produk
  2. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
  3. Manajemen Proyek

SKRIPSI DALAM JURUSAN MANAJEMEN

Dalam Jurusan Manajemen Skripsi termasuk dalam mata kuliah dengan bobot 6 sks. Sebelum menempuh Skripsi, para mahasiswa diharuskan untuk mengikuti Mata Kuliah Seminar berdasarkan Konsentrasi yang diambil. Dalam Mata Kuliah Seminar ini Mahasiswa akan diuji materi skripsinya yang berbentuk Tugas Akhir atau Proposal Skripsi.

Pembuatan Proposal Skripsi ini hampir mirip dengan Skripsi, hanya saja dalam Proposal Skripsi hanya memuat dari Kata Pengantar hingga Bab III, sedangkan pada Skripsi memuat keseluruha mulai dari Kata Pengantar hingga Kesimpulan Penelitian.

Bagi sobat yang penasaran apa aja sih Judul Skripsi Jurusan Manajemen, sobat dapat menyimaknya di:



Keyword Pelajaran Jurusan Manajemen:
Mata pelajaran Kuliah Manajemen, Manajemen Belajar Apa?, Materi Jurusan Manajemen, Kuliah Manajemen, Mata Kuliah Manajemen, Pengantar Manajemen, Fakultas Manajemen, Jurusan Manajemen, Penjelasan Kuliah Manajemen, Pelajaran Ekonomi Manajemen, Mata Kuliah.

Share this:

48 comments :

  1. Manajemen secara teori dasarnya adalah manage atau pengaturan..setelah baca artikel ini makin paham penjabaran manajemen ,thanks infonya sob..


    salam admin satriyoku.blog

    ReplyDelete
  2. Min, maap ya aku nanya tentang akuntansi..
    Klo kuliah akuntansi itu kita belajar dri analisa jurnal smpai neraca saldo setelah penutupan ya? Apa ada lagi materi yg lain min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya seperti itu sob, tapi nanti ada materi lain seperti auditing atau ga akuntansi pajak, tapi ga jauh jauh dari laporan keuangan dan siklus akuntansi
      selain itu ada juga akuntansi sistem informasi, nah klo ini banyak mengaplikasikan sistem akuntansinya dan juga komputerisasinya

      Delete
  3. dimana saja kah kita dapat bekerja? jika kita memilih management

    ReplyDelete
  4. dimana sajakah kita dapat bekerja??

    ReplyDelete
  5. Saya mau tanya sama kakak" yg udah ngerasain kuliah di Ekonomi Manajemen. Kuliah di jurusan ini susah bikin puyeng kepala apa enggk sih? takut gak kuat gan... 😁 yaa maklum otak" standar gan. Tolong kasih masukan ya gan bwt saya yg ingin kuliah✌

    ReplyDelete
  6. Kak mau nanya jurusan managemen bisa kerja di mana saja sih? Oh iya bisa juga di bank2 ga?

    ReplyDelete
  7. Kalo kuliah manajemen ppl nya suruh bagaimana

    ReplyDelete
  8. Misi min , mau nanya perguruan tinggi mana yg Fakultas Manajemennya yg udah akreditasi A

    ReplyDelete
  9. Min mau nanya. Saya kan masih pelajar sma. Nah saya inggin masuk jurusan menegement akutansi. Itu yang harus saya pelajari apa ya. Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Min mau nanya. Saya kan masih pelajar sma. Nah saya inggin masuk jurusan menegement akutansi. Itu yang harus saya pelajari apa ya. Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Mau nnya mtk ekonomi dan mtk bisnis atau mtk lainnya apakah sulit menurut anda? Dan satu hal lagi mata kuliah apa saja yang mnurut anda sulit pada manajemen?. Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Kalo kita mau jadi pengusaha apakah cocok mengambil manajemen ekonomi?

    ReplyDelete
  13. min maap kalo dimanajemen banyak ke matematikanya ga ya pelajarnya?

    ReplyDelete
  14. kalau misalnya kita mau kuliah ambil prodi menejemen itu apa kita harus pilih salah satu dari menej pemasaran, akuntansi,SDM, operasional ataukah itu akan dipelajari semua?

    ReplyDelete
  15. kalau misalnya kita mau kuliah ambil prodi menejemen itu apa kita harus pilih salah satu dari menej pemasaran, akuntansi,SDM, operasional ataukah itu akan dipelajari semua?

    ReplyDelete
  16. Aku pngen nanya nih , akukan smknya ngambil jurusan komputer , critanya mw kuliah ngambil jurusan manajemen , apa masuk smknya di komputer kuliah ngambil maneajemen tolong dong kasih tau...
    Msih bingung soalnya

    ReplyDelete
  17. Maaf min Saya Mau Tanya kalo mau ngambil jurusan manajeman nantinya Waktu kuliah, diSMA nya nanti kita ngambil jurusan IPA atau IPS ya

    ReplyDelete
  18. Min, maaf mau tanya kalo untuk Manajemen SDM apakah melulu tentang hitung"an atau gimana yah min? Makasih

    ReplyDelete
  19. Min, maaf mau tanya kalo untuk Manajemen SDM apakah melulu tentang hitungan atau bagaimana yah min?

    ReplyDelete
  20. Gan jurusan manajemen ini ada hitung-hitungannya kan gan. Trus hitung-hitungannya ini rumit ato gimana gan klo bagi para beginner

    ReplyDelete
  21. Gan jurusan manajemen kan ada hitung-hitungannya gan. Itu hitung-hitungannya rumit kagak gan. Soalnya​ saya msh klas 2 SMA gan baru mw naik klas 3. Tolong infonya yaa gan.

    ReplyDelete
  22. Gan jurusan manajemen kan ada hitung-hitungannya gan. Itu hitung-hitungannya rumit kagak gan. Tolong infonya ya gan soalnya baru klas 2 SMA otw klas 3

    ReplyDelete
  23. min mau tanya,apa aja sih biasanya kesulitan yg di dpt dri jurusan manajemen ini?
    makasih min sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Apa bedanya jurusan kuliah manajemen dan business management

    ReplyDelete
  25. Min mau tanya kalo misalnya org2 yg dikatakan matematikanya buruk di sekolah2 dulu apakah bisa kalo masuk manajemen? Makasih
    Btw artikelnya membantu (:

    ReplyDelete
  26. Kalau tehnik mesin gimana sob?

    ReplyDelete
  27. mau nanya dong ka , aku lulusan smk jurusan otomotif mau lanjut perguruan tinggi jurusan management , tapi aku sendiri lemah dibidang matematika kira kira gimana ya🙂

    ReplyDelete
  28. Makasih kak uraian....
    Jadi semakin mantap ambil manajemen...


    Hehehe

    ReplyDelete
  29. menejemen bisnis dengan pendidikan akuntansi materi lebih sulit di kuasai yg mana ya ? makasih min

    ReplyDelete
  30. Kalau manajemen aja sama manajemen keuangan beda gak sih ?

    ReplyDelete
  31. Kalo boleh tanya, jika kita ingin menjadi BISNIS PERHOTELAN, fakultas apa yang paling tepat untuk diambil???

    ReplyDelete
  32. Kalo boleh tanya, jika kita ingin menjadi BISNIS PERHOTELAN, fakultas apa yang paling tepat untuk diambil???

    ReplyDelete
  33. klo akuntansi yang sekarang udah banyak yang beda juga yah mata kuliahnya, apa emang sekarang ini udah kurikulum baru lagi atau gimana??

    ReplyDelete
  34. Min mau nanya bagusan konsentrasi jurusan manajemen keuangan atau pemasaran?

    ReplyDelete
  35. min mau nanya apakah jika ambil S1 manajemen judul jurusannya apa ya kira"

    ReplyDelete
  36. Maaf kak, saya mau bertanya. Akuntansi biaya itu seperti apa dan bagaimana ya?

    ReplyDelete
  37. Bang mau nanya apa bisa jurusan ipa masuk manajemen bisnis?

    ReplyDelete
  38. Bang mau nanya apakah jurusan IPA juga bisa masuk manajemen bisnis atau hanya IPS dan BAHASA?

    ReplyDelete
  39. klo otaknya pas"an ap bsa ngambil jurusab ekonomi manajemen ini?

    ReplyDelete
  40. sob aku bru lulus. aku trtarik dg jrusan ini. tpi aku gk tau banyk tntang jrusan ini bsa di blang krang. mohon saran dn msukn.ny sob. thanks

    ReplyDelete
  41. Pas anak saya baca langsung kaget hahaha makasi infonya.

    ReplyDelete
  42. Sepertinya mata ajaran nya berat ya buat bekal jadi pengusaha teh

    ReplyDelete
  43. Min mau nanya, itu yang maksud nya mpk mata Kuliahnya bersifat Pilihan itu kita kaya milih salah satu matkul di mpk, dan kaya mkk mpb itu kita kaya milih pelajaran salah satu atau gimana min? soalnya baru mau masuk kuliah min. Tolong di jelaskan min.

    ReplyDelete
  44. kak kalau jurusan bisnis menajemen itu materinya payah atau nggak?
    soalnya rencana. saya mau ngambil jurusan itu.tolong dijelasin ya kak.trimakasih

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes